Cara Pemasang Kabel LAN

Advertisement
Kabel yang akan dipasang sebaiknya diperiksa terlebih dahulu, baik kabel arus maupun kabel UTP untuk jaringan komputer anda. ini untuk memeriksa apakah ada kabel yang terputus atau tidak. Setelah kabel diperiksa, kabel dipasang dan setelah itu pasang pipa penutup kabel agar nilai estetikanya ada dan terkesan profesional.

Menyiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Dalam pengerjaan janngan kita pun harus menyiapkan peralatan yang kita perlukan agar dapat mempercepat waktu pengerjaan. Adapun peralatan yang kita butuhkan ketika kita bekerja untuk membangun suatu jaringan adalah sebagai berikut:
• Obeng plus dan obeng minus
• Obeng plus bermagnet
• Test pen
• Tang pemotong
• Pinset
• Tang penjepit
• Avometer (multitester)
• Clipper (tang crimping) untuk memasang konektor RJ45 (kabel UTP)
• Alat tester untuk mengetahui konektisitas kabel jaringan UTP. Untuk perhatian, pemasangan kabel harus berhati-hati dansesuai dengan urutannya (dalam bentuk warna)

Proses Instalasi

Setelah semua komputer ditempatkan pada masing-masing lokasi atau ruangan yang telah ditentukan maka langkah selanjutnya adalah menarik kabel, memasang kartu jaringan, memasang konektor RJ45, dan lain sebagainya.

Di dalam pemasangan kabel, yang harus anda perhatiakan adalah panjang kabel yang akan Anda gunakan. Sebagai contoh, anda akan memasang atau menarik kabel untuk beberapa unit PC, katakan anda akan memasang sekitar 20 unit dan sisanya untuk server dan workstation yang ada di ruangan server. Semua kabel disentralkan dekat dengan ruangan server. Tentu saja dalam hal ini kita menariknya harus dalam perhitungan yang disesuaikan dengan keinginan anda, adapun untuk perinciannya adalah sebagai berikut:

• Ukur panjang kabel UTP dan Hub ke server. Panjang maksimal adalah 8 meter.
• Ukur panjang kabel UTP dan Hub ke workstation di ruangan server. Panjang maksimal adalah 12 meter.
•Ukur panjang kabel UTP dan Hub ke workstation di ruangan lainnya maksimal 100 meter.
•Tarik sesuai dengan jumlah komputer untuk unit yang telah ditentukan di ruangan lain atau di ruangan yang sama bergantung lokasi workstation tersebut.

Pemasangan Penghubung (Connector)

Dalam pemasangan penghubung atau yang biasa kita sebut juga sebagal konektor ini, pemasangannya harus disesuaikan dengan urutannya. Memang dapat saja anda memasang dengan cara anda atau semau anda sendiri, tetapi cara itu salah dan tidak tepat karena pemasangan konektor ini sudah ditentukan urutannya dan telah ditentukan dalam bentuk warna. untuk itulah anda harus mengetahui bagaimana urutan kabel yang akan anda pasang secara tepat, cepat, dan sesuai dengan aturan. Di bawah mi merupakan gambar urutan pemasangan kabel dari Hub ke komputer PC yang sudah terpasang kartu jaringan atau LAN Card (NIC).Apabila dalam pemasangan Anda ingin memasang kabel untuk dua komputer sekaligus ke server dan ke workstation tanpa menggunakan hub maka urutan pemasangan kabelnya berbeda dengan yang menggunakan HUB.Prosedur pemasangan kabel inl memang tidak terlalu sulit jika sudah mengetahul caranya. Namun demikian Anda harus benar-benar memperhatikan pemasangan kabel ini karena jika kabel dan konektor sudah terpasang tidak bisa dibuka kembali dan untuk memperbaikinya Anda harus memotong kembali kabel yang sudah terpasang tersebut. Konektor RJ45 pun otomatis tidak akan terpakai lagi dan Anda harus mengganti dengan yang baru. untuk jelasnya, prosedur pemasangan konektor UTP ini adalah sebagai berikut:1.Potong kabel (JTP yang akan disambungkan ke RJ45, setelah itu kupas bagian luarnya dengan pemotong yang kita kenal sebagal tang clipper (crimping).2.Setelah bagian luar atau kulit kabel tersebut dipotong maka akan tampak bagian dalam kabel yang mempunyai corak warna yang berbeda-beda, yaitu putih oranye, oranye, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat.untuk itulah Anda harus mengetahui bagaimana urutan dan kabel yang akan Anda pasang secara tepat, cepat, dan sesual dengan aturan. Di bawah ini merupakan gambar urutan pemasangan kabel dari hub/switch ke komputer PC yang sudah terpasang kartu jaringan atau LAN Card (NIC).

Apabila dalam pemasangan Anda ingin memasang kabel untuk dua komputer sekaligus ke server dan ke workstation tanpa menggunakan hub/switch maka urutan pemasangan kabelnya berbeda dengan yang menggunakan hub:

3.Setelah itu susun urutan warna mengikuti petunjuk yang ada.

4.Setelah kabel diurutkan, ratakan kabel tersebut untuk dimasukkan ke konektor RJ45. Pemasangannya harus hati-hati karena kalau tidak akan berakibat fatal dan konektor akan rusak sehingga otomatis tidak akan terpakai lagi jika sudah terjepit dengan tang clipper (crimping).5. Setelah diratakan, siapkan konektor RJ45 dan masukkan kabel ke konektor tersebut dan jangan lupa, posisi setiap ujung konektor harus sama. Selain itu bagian luarnya atau pembungkusnya harus terjepit agar kuat dan tidak goyang.

6. Setelah kabel masuk dan rata sampai ujung konektor, gunakan tang clipper (crimping) untuk menjepitnya. Penjepitannya ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak meleset atau ada salah satu kabel yang tidak terjepit dengan baik, karena jika ado salah satu kabel saja yang tidak terjepit akan berakibat fatal. Kemudian jepit yang keras sehingga tembaga yang tadinya keluar dan menonjol akan rata kembali seperti sebelum dimasukkan ke konektor.

7. Apabila pemasangan atau penjepitan telah selesai pada ujung yang satunya maka lakukan lagi pada ujung yang lainnya. Prosedumya sama seperti yang telah dijelaskan di atas. Jika tidak terjadi kesalahan maka hasil pemasangan akan terlihat rapi di antara kedua ujung kabel yang sudah terpasang dengan RJ45.
Selamat Bekerja
Oleh: Dunov Saur Raja Sinurat
Cara Pemasang Kabel LAN | DSR Sinurat | 5

0 comments: